Jumat, 24 Januari 2014

Tips Mengatasi Banjir

Kawan Dana, akhir - akhir ini banjir melanda berbagai kota di Indonesia. Akibat banjir jalur transportasi, perdagangan, hingga jalannya proses belajar mengajar di berbagai tempat menjadi sangat terhambat. Banyak pemukiman warga yang tergenang hingga masuk ke ruangan dalam rumah. Pemerintah pun telah memberikan berbagai bantuan kepada korban banjir ini. Meski berbagai bantuan datang, masyarakat masih mendapat kendala dalam mengatasi banjir. Oleh karena itu kali ini saya akan memberikan kepada Anda tips untuk mengatasi banjir, berikut tips - tipsnya:

1. Membersihkan Saluran Air
Penyebab utama banjir adalah tertutupnya saluran air karena sampah. Oleh karena itu hal yang harus dilakukan masyarakat adalah membersihkan saluran air. Hal ini sangat efektif untuk mengatasi banjir karena dengan bersihnya saluran air, maka air akan mudah tersalurkan ke tempat yang seharusnya.

2. Tidak Membuat Rumah di Jalan Air
Di berbagai tempat tentulah ada jalan air, entah itu sungai, danau, dll. Air hujan yang turun ke bumi arah alirannya meuju jalan air sehingga untuk mengatasi banjir adalah dengan membiarkan jalan air tetap seperti apa adanya, tidak dibangun rumah dan bangunan - bangunan lainnya. Munkin ketika kemarau jalan air itu tampak kering dan tidak berbahaya ketika dibangun, akan tetapi ketika hujan aliran air akan mengarah ke jalan air sehingga sangat tidak di sarankan membangn rumah di jalan air.

3. Budayakan Membuang Sampah Pada Tempatnya
Yang terakhir, budayakan membuang sampah pada tempatnya. Dengan membudayakan membuang sampah pada tempatnya berarti kita telah menjaga lingkungan sekaligus mengatasi banjir sebelum terjadinya.

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar dan saran anda!!

Tips Ala Dana